GUNUNG KELUD MELETUS 14 Februari 2014

Akhirnya Gunung Kelud Meletus 14 Februari 2014 Setelah diketahui adanya peningkatan aktivitas sejak akhir tahun 2013, Gunung Kelud dinaikkan statusnya menjadi Siaga pada 10 Februari 2014 dan kemudian Awas pada 13 Februari 2014 pukul 21.15 WIB. Gemuruh aktivitas gunung juga sesekali terdengar hingga wilayah Kab. Jombang.

Dampak berupa abu vulkanik pun pada 14 Februari 2014 dini hari dilaporkan warga telah mencapai Kab. Ponorogo, di Daerah Madiun dan Magetan pun jarak pandang untuk pengendara kendaraan bermotor atau mobil hanya sekitaran 3-5 Meter kartena turunnya Abu Vulkanik dari Letusan Gunung Kelud tersebut, Banyak kendaraan bermotor yang berjalan sangat pelan-pelan. disisi lain banyak pengguna kendaraan atau warga di sekitar kota Madiun yang terganggu akibat Erupsi tersebut.


Letusan 2014 telah dideteksi oleh PVMBG dan ditanggapi dengan peningkatan status menjadi Waspada (level II). Pada tanggal 10 Februari status meningkat menjadi Siaga (Level III), dan persiapan-persiapan mengenai kebencanaan telah mulai dilakukan. Kawasan seputar 5 km dari titik puncak kawah telah disterilkan dari kegiatan manusia. Pada tanggal 13 Februari pukul 21 dimumkan status bahaya tertinggi, Awas (Level IV), sehingga radius 10 km dari puncak harus dikosongkan dari manusia. Belum sempat pengungsian dilakukan, pada pukul 22.40 telah terjadi letusan tipe ledakan (eksplosif).

Suara ledakan dilaporkan terdengar sampai kota Yogyakarta (200 km), bahkan Purbalingga (lebih kurang 300 km), Jawa Tengah.

Hujan abu terjadi di kota-kota yang ada di sebelah barat dari Gunung Kelud antara lain : Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo. Hujan abu volkanik juga terjadi hingga kota Yogjakarta dan Surakarta(solo).


Peta Lokasi Letusan Gunung Kelud Kediri, Jawa Timur ~ Indonesia
View Gunung Kelud East java, Indonesia in a larger map
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 UPHiL n RAGHieL by
Template by Ghibratz
Powered by Blogger