Penyebab Rambut Rusak dan cara Menanganinya

Apa sich yang dimaksud Rambut Rusak ?
Rambut dikatakan rusak/tidak sehat apabila kultikula pada rambut telah rusak, patah atau bahkan hilang, sehingga penampilan rambut menjadi kering, patah-patah, selalu kusut (sukar disir), ujung rambut terbelah, rambut yang rontok, rambut  berbintil, rambut bengkak, rambut bercincin dan lain-lainnya.
Penyebab kerusakan rambut ini tidak hanya dari kosmetika yang dipakai tetapi juga dari sebab-sebab lain diantaranya : Penyakit Kulit, jamur dan lain-lainnya. Adapun sebab-sebab dari kerusakan rambut tersebut  diantaranya kosmetika, jamur, sinar matahari, penyakit kulit dan masih banyak lagi.

Kenali Penyebab Kerusakan Rambut sejak dini karena butuh waktu lama untuk memperbaiki rambut yang sudah terlanjur rusak.
Berikut faktor penyebab kerusakan pada Rambut :

1. Cuaca
Jika rambut Anda sehat alami terutama yang berwarna hitam, sesekali terkena paparan sinar ultraviolet di siang hari tidak akan memberi dampak buruk pada penampilan rambut. Namun jika rambut Anda sudah terkena proses kimia seperti pengecatan atau pelurusan sinar ultraviolet akan menghilangkan protein rambut dan merusak kultikula rambut, karena kondisi rambut ini tergolong sensitif.

2. Suhu Panas
Panas yang ditimbulkan oleh hair dryer, pengeriting rambut dan pelurus rambut bisa merusak kultikula rambut dan mengurangi kandungan air pada rambut sehingga hilang kelembapannya. Gunakanlah kondisioner secukupnya untuk melindungi rambut dan menjaga kelembapannya.

3. Zat Kimia
Proses bleaching, pewarnaan rambut permanen/semi permanen, pengeritingan dan pelurusan bisa merusak kultikula rambut.
Selain dapat memicu timbulnya ketombe, proses ini juga dapat merusak ikatan protein pada rambut dan membuat struktur rambut menjadi lemah.

4. Lainnya
Menyisir rambut terlalu sering, mengikat rambut terlalu kencang atau mencuci rambut tidak bersih setelah selesai berenang sehingga masih meninggalkan garam atau kaporit di kulit kepala adalah beberapa hal yang berpotensi untuk membuat rambut menjadi rusak.

Cara mengatasi Rambut rusak :

* pertama, hindari mencuci rambut setiap hari.
* Kedua, gunakan kondisioner terbaik yang mengandung protein dan humectants (khusus rambut berminyak kondisioner tidak boleh terkena kulit kepala).
* Ketiga, jadikanlah perawatan khusus seperti memakai hair mask 1X dalam 2 minggu untuk memperbaiki kondisi rambut.
Meneteskan serum silicon khusus untuk rambut (bisa diperoleh di salon-salon) juga bisa membantu melembutkan kultikula dan membuat rambut bercahaya.

Namun jika rambut Anda sudah terlanjur rusak, bersabarlah. Tunggu saja tumbuhnya helai rambut baru, dan rawatlah dengan maksimal untuk menjaga kesehatannya.
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 UPHiL n RAGHieL by
Template by Ghibratz
Powered by Blogger
-->